Friday, March 18, 2011

Nonton Medicine Men...surat Al Maidah ayat 96 dan kerjasama

Tadi malam saya menonton Medicine Men Go Wild: Hearts di BBC Knowledge jam 19.00 - 20.05 WIB. Acara itu adalah tentang 2 dokter kembar identik yang pergi jalan-jalan keliling dunia tapi sambil meneliti. Tadi malam 2 dokter dari Inggris, Xand dan Chris van Tulleken (semoga benar nulis nama keluarganya) pergi ke daerah Arktik. Mereka menginap di suku Chukotka. Dimana di daerah Chukotka, tidak ditemukan penyakit jantung. Dan kedua dokter tersebut ingin meneliti, mengapa bisa seperti itu.
Di tempat yang dingin ini, mereka berdua melakukan percobaan dimana salah satu dari si kembar, Xand, melakukan diet makanan modern (memakan makanan biasa seperti yang kita makan sehari-hari) sedangkan Chris, melakukan diet makanan laut (alias hanya memakan makanan laut seperti orang-orang di suku Chukotka). Semoga tidak terbalik ya, yg mana Chris dan yang mana Xand.
Apa yang menarik dari acara selama 1 jam itu? Yang menarik adalah penelitian yang dilakukan kedua dokter tersebut sama dengan yang ditulis di Al Qur'an surat Al Maidah ayat 96, ini sebagian artinya ,"dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu...dst".
Kenapa semua makanan dari laut halal? Kata teori, ikan mengandung omega 3 dan tidak mengandung kolesterol serta baik untuk jantung. Dan apa yang dilakukan kedua dokter itu hanya membuktikan ayat tersebut (meskipun niat kedua dokter tersebut adalah menunjukkan bahwa ikan itu sehat bukan untuk membuktikan bahwa Al Qur'an itu benar).
Setelah 10 hari hanya memakan ikan, Chris memiliki hasil kolesterol yg lebih baik dibanding Xand yang kadar kolesterolnya memburuk. Dan kedua dokter tersebut mengatakan ikan memiliki kandungan protein omega 3 yang lebih baik bahkan tidak bisa ditandingi oleh hewan darat...Nah loh, berarti bahwa semua makanan dari laut itu halal benar.
Saya yakin beberapa orang pasti sudah pernah melakukan percobaan ini, tapi adakah penelitian kita mengutip dari Al Qur'an?
Ketika saya menonton tayangan ini, melihat bagaimana Chris setiap hari memakan ikan dan Xand bisa memakan roti, sosis, telur; lalu mereka berdua mengatakan bagaimana suku Chukotka yang hidup di tanah yang sukar (daerah Arktik yang sangat dingin) bisa berumur panjang dan kadar kolesterolnya rendah, karena suku di Chukotka memakan makanan laut.
Suku Churki memburu ikan, beruang laut dan paus. Dan saya salut dengan suku di Chukotka yang juga tidak berlebihan dalam memburu ikan dan binatang laut lainnya, serta kerjasama pada suku di Chukotka ini patut diacungi jempol. Suku Chukotka hanya cukup membutuhkan 2 paus dalam 1 tahun. Paus yang ditangkap akan dibagikan dagingnya untuk seluruh penduduk suku Chukotka, tidak boleh diperjualbelikan dan cukup untuk menghidupi suku ini selama 2,5 - 3 bulan. Jadi paus diburu untuk persediaan makanan selama musim dingin.
Bandingkan dengan perikanan modern yang rakus memburu ikan sepanjang tahun sehingga membuat persediaan ikan mulai menipis. Seharusnya para pencinta binatang tidak boleh menentang apa yang dilakukan oleh suku Chukotka. Emangnya para pencinta binatang mau apa menghidupi seluruh penduduk suku Chukotka selama musim dingin? Sama dengan yang dilakukan oleh penduduk Lamamera NTT yang juga berburu paus. Penduduk Lamamera kan berburu paus tidak setiap hari, mereka juga membagikan daging paus untuk seluruh penduduk desa, bukan untuk diperjual belikan.
Ketika kerjasama digalakkan dan hasilnya dibagikan untuk seluruh penduduk desa, terlihat bagus, dibandingkan kita yang saling sikut untuk mencapai yang terbaik..., saling sikut malah memperlihatkan bahwa kitalah yang akan jadi orang jahat..???? betul kan?
Intinya, mari yuk kita teliti Al Qur'an; ternyata Al Qur'an itu mengajarkan banyak hal baik bagi kita, jangan sampai orang Baratlah yang membuktikan bahwa Al Qur'an itu benar...Malu ah, umat Islam kok tidak berpegang pada Al Qur'an. Oke.

No comments: